Patani Coffee, Pakai V60 dari Bambu

1288
alat sangrai dari tanah dan penyaring kopi dari anyaman bambu. Foto: Pras.
Alat sangrai dari tanah dan penyaring kopi dari anyaman bambu. Foto: Pras.

kopifirst.com, Bicara tentang kopi tidak bisa lepas dari budaya. Budaya minum kopi sudah sejak lama ada di masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Berusaha menghidupkan kembali budaya leluhur yang lekat dengan kopi coba dilakukan oleh pengelola Patani Coffee. Mereka memanfaatkan alat sangrai tradisional dan alat saring dari bambu yang ramah lingkungan.

Saat ini mesin sangrai (roasting) dengan teknologi tinggi begitu mudah dijumpai. Namun, di Patani Coffee masih mengandalkan alat sangrai yang terbuat dari tanah liat dan pengaduknya dibuat dari batok kelapa. Alat sangrai tradisional ini bisa memanggang biji kopi hingga 3 kg.

Yang unik juga tampak pada alat seduh saring, semacam V60 yang terbuat dari bambu. “Ini dibuat dari bambu hitam yang mengandung glukosa jadi tidak merusak cita rasa kopi,” tutur Betty, pengelola Patani Coffee yang beralamat di Dramaga, Bogor ini. Alat ini tidak perlu dilapisi kertas saring dengan hasil yang tanpa ampas kopi.  

Setelah digunakan alat ini cukup dicuci dengan air saja, tidak perlu disikat atau diberi sabun. “Cukup dicuci dan dibilas dengan air bersih kemudian dijemur sampai kering,” tambah Betty.