Nikmatnya Ngopi, Kongkow, dan Selfie di Kelana Oleh Sekutu Kopi

1152
Kafe Kelana Oleh Sekutu Kopi menyajikan kopi specialty. Foto : Josep/kopifirst.com
Kafe Kelana Oleh Sekutu Kopi menyajikan kopi specialty. Foto : Josep/kopifirst.com

kopifirst.com – Tidak sulit mencari lokasi Kafe Kelana Oleh Sekutu Kopi yang berada di Jalan Menteri Supeno Nomor 11, Kecamatan Banjarsari, Solo atau tepatnya di bagian belakang Stadion Manahan.

Dari luar, Kafe Kelana ini sudah terlihat menarik dan sedap di pandang mata.

Konsep taman terbuka yang diusung Kelana Oleh Sekutu Kopi membuat nyaman pengunjung dan instagramable. Foto : Josep/kopifirst.com

Konsep taman dan penempatan meja-meja pelanggan di ruang terbuka membuat orang betah untuk kongkow menghabiskan waktu seraya menyeruput kopi dan menikmati cemilan.

Selain tempatnya nyaman, Kafe Kelana Oleh Sekutu Kopi juga mempunyai spot-spot unik serta menarik yang bisa menjadi latar belakang bagi para penggemar swafoto atau selfie untuk melakukan hobinya lalu langsung diunggah ke Facebook, Instagram, maupun Twitter.

“Konsep Kelana Oleh Sekutu Kopi ini memang kafe dengan penyajian minuman kopi yang variatif.”

“Selain kopi, kami juga menyajikan minuman dan makanan yang lebih banyak dan beragam,” tutur Ricky Vernandes, sang pemilik Kelana Oleh Sekutu Kopi.

Proses pemanggangan atau roasting biji kopi di Kelana Oleh Sekutu Kopi. Josep/kopifirst.com
Proses pemanggangan atau roasting biji kopi di Kelana Oleh Sekutu Kopi. Josep/kopifirst.com

Dalam menyajikan minuman kopinya, Ricky mendatangkan beragam kopi dari Gayo, Toraja, Bali, Ethiopia, Yogyakarta, Kolombia, Jawa Barat, serta Malang.

Biji-biji kopi pilihan dipanggang sendiri dalam mesin roasting modern berbasis komputer.

Dalam proses roasting, Ricky dibantu istrinya, Carisa, yang paham dalam seluk beluk pemanggangan biji kopi sehingga bisa menghasilkan kopi yang nikmat diminum.

Pemanggangan biji-biji kopi dilakukan di sebuah tempat khusus di dalam area Kafe Kelana yang diberi nama Sumbu Coffee Roastery.

Pasangan suami istri muda, Ricky Vernandes dan Carisa, menjalankan bisnis kafe kopi. Foto : Josep/kopifirst.com
Pasangan suami istri muda, Ricky Vernandes dan Carisa, penggemar kopi yang terjun menekuni bisnis minuman kopi. Foto : Josep/kopifirst.com

Selain Kafe Kelana Oleh Sekutu Kopi, Ricky mempunyai kedai kopi yang diberi nama Sekutu Kopi yang berada di Jalan Slamet Riyadi Nomor 116 Keprabon, Banjarsari, Solo.

“Konsep Sekutu Kopi adalah kedai kopi dan tempatnya tidak luas tapi nyaman untuk break sambil minum kopi.”

“Untuk Kelana dan Sekutu Kopi, saya tak menyasar target market tertentu karena kami menjual apa yang disukai banyak orang,” ucap Ricky. (Jos)