Mau Langsing? Minum Kopi Yuukk

406
Kopi hitam membantu memangkas lemak tubuh. Foto: watchfit.com.
Kopi hitam membantu memangkas lemak tubuh. Foto: watchfit.com.

kopifirst.com, Kalau Anda masih pusing mencari cara memangkas lemak tubuh yang berlebih, coba minum kopi hitam. Mengapa kopi? Karena kopi kaya akan kafein. Dan, hampir semua suplemen pembakar lemak yang dijual di pasaran, mengandung kafein. Itu karena kafein merupakan zat alami yang dapat membantu membakar lemak.

Minum kopi dapat merangsang sel-sel pembakar lemak tubuh yang disebut lemak coklat atau BAT (brown adipose tissue) yang dapat membantu penurunan berat badan. Demikian menurut studi di University of Nottingham yang dirilis dalam Scientific Reports. Fungsi lemak ini mempercepat pemanasan tubuh dengan pembakaran kalori.

Prof. Michael Symonds dari University of Nottingham mengatakan bahwa lemak coklat merupakan organ unik yang digunakan untuk memproduksi panas dan jumlahnya sangat sedikit di dalam tubuh.

Di dalam tubuh orang dewasa terdapat sekitar 50-100 gr lemak coklat, dan bila ini diaktifkan akan mampu memproduksi panas lebih 300 kali dibanding dengan organ lain. Orang dengan IMT rendah memiliki lemak cokelat yang lebih banyak daripada orang dengan Indeks Massa Tubuh lebih tinggi. 

Sejumlah studi juga memperlihatkan kafein dapat menaikkan tingkat metabolik hingga 3-11 persen, sehingga lemak tubuh yang ikut terpecah pun lebih banyak. Pada mereka yang gemuk, kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 10 persen, sedangkan pada mereka yang kurus bisa sampai 29 persen.  

Untuk mempertahankan penurunan kadar lemak yang sudah terjadi dianjurkan minum kopi tanpa gula maupun susu penuh lemak. Gaya hidup sehat lainnya seperti diet sehat dan olah raga teratur juga harus rutin dipraktikkan. @