Kopi Ternyata Punya Banyak Nutrisi

1089
Kopi kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh. Foto: aquaspresso.co.
Kopi kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh. Foto: aquaspresso.co.

kopifirst.com, Si hitam kopi rupanya mengandung cukup banyak nutrisi. Dari secangkir kopi kita bisa mendapatkan riboflavin (vitamin B2) sekitar 11 persen dari kebutuhan harian, magnesium dan niasin (vitamin B3) sekitar 2 persen dari kebutuhan harian, asam pantotenat (vit B5) 6 persen dari kebutuhan harian, juga mangan dan potasium 3 persen dari kebutuhan harian. Memang kelihatannya sedikit, tapi kalau kita minum kopi 2-3 cangkir per hari, maka asupan berbagai nutrisi tersebut lumayan untuk menyehatkan tubuh.

Tak hanya itu, kopi juga kaya akan antioksidan, zat yang dapat melawan radikal bebas. Berkat antioksidan ini, ulah radikal bebas yang dapat memicu timbulnya beragam penyakit di antaranya tumor dan kanker pun bisa ditumpas.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Scranton, Pennsylvania, AS, konsumsi 1-2 cangkir kopi per hari sudah mampu menyumbang antioksidan yang cukup bagi tubuh. Kopi berkafein maupun dekaf mengandung kadar antioksidan yang setara. Itu sebabnya masyarakat di Amerika Serikat doyan ngopi, demi mendapat asupan antioksidannya.

Supaya manfaat sehat dari antioksidan yang diperoleh itu optimal, dianjurkan minum kopi tanpa gula, susu berlemak, atau krimer. Secangkir kopi hitam bila tanpa gula atau krim juga rendah kalori, hanya sekitar 2 kalori. @