Kopi Dulur, Pahit Manisnya Kopi Cianjur

1336
Kopi cold brew, siap minum. Foto: Pras
Kopi cold brew, siap minum. Foto: Pras

kopifirst.com, Sudah hampir dua tahun Kopi Dulur memasarkan kopi original Cianjur, arabika maupun robusta. Sementara ini kopi jenis robusta masih mendominasi, karena mayoritas (75 persen) masyarakat Cianjur dan juga Indonesia lidahnya masih cenderung ke robusta.

“Kebanyakan konsumen Kopi Dulur memang pecinta robusta, belum ke tahap arabika,” ujar Adi, salah satu pengelola Kopi Dulur.  Menurutnya robusta Cianjur ini memiliki cita rasa gurih, pekat, dan pahit karena memang sengaja disangrai hingga level dark. “Ciri khas robusta Cianjur itu bitter-nya bold, strong, tapi after taste-nya manis,” imbuhnya.

Saat ini Kopi Dulur sedang berkonsentrasi ke produksi kopi olahan, untuk pengembangan produk. Selain tetap menyediakan kopi kemasan, Kopi Dulur juga menawarkan kopi botolan siap minum. Kopi botolan ini berupa cold brew yaitu kopi arabika yang difermentasi selama 24 jam dan telah disimpan di lemari pendingin sekitar 8 jam. Ada kopi susu yang tengah digandrungi kaum milenial, antara lain dengan rasa vanila dan karamel.

“Kopi kemasan ada yang roasted bean dan bubuk, juga kopi siap minum. Ini kami supply ke kedai-kedai dan resto, market kami juga ke toko oleh-oleh dan super market,” katanya.  

Tertarik untuk menikmati kopi khas Cianjur? Anda bisa membelinya melalui market place (daring) atau ig di adi@kopidulurcianjur.