Konakito Bawa Robusta Bengkulu ke Jajaran Kopi Elite Nusantara

1008
Sekelompok anak muda ini mengangkat robusta Bengkulu menjadi kopi elite Nusantara. Foto: Konakito
Sekelompok anak muda ini mengangkat robusta Bengkulu menjadi kopi elite Nusantara. Foto: Konakito

kopifirst.com, Bagai segerombol buah kopi yang merah merona, yang memberi harapan dan kebahagiaan bagi banyak orang, seperti itulah semangat KONAKITO.  Perusahaan ini dimotori oleh sekumpulan anak muda kreatif yang hobi ngopi dan musik. Mereka berhasrat membawa kopi asli Bengkulu agar diterima di kancah lokal maupun global.

Konakito adalah bahasa Bengkulu yang artinya “Inilah Kami”.  Dengan mengusung nama Konakito, mereka ingin menunjukkan bahwa di Bengkulu ada sekumpulan anak muda dengan beragam potensi, yang ingin mengangkat karya positif yang ada di Bumi Rafflesia itu.

Konakito melihat bahwa konsumsi kopi saat ini sudah tumbuh. Kopi sudah menjadi kebutuhan, tak hanya bagi orang tua tetapi juga anak muda. “Potensi kopi di Bengkulu sangat bagus, cita rasanya mampu bersaing. Ada rasa chocolate, fruity, nutty,” terang Panji Dennis, salah seorang pendiri Konakito.

Karena itu mereka tertarik untuk mengenalkan kopi Bengkulu kepada masyarakat Bengkulu sendiri, masyarakat Indonesia, dan tentu ke kancah internasional. Upaya mereka tidak sia-sia. Kini kopi robusta Bengkulu sudah berhasil masuk jajaran kopi elite Nusantara.

Pengetahuan tentang kopi juga mereka tularkan kepada para petani, agar dapat memperbaiki perlakuan terhadap kopi. Para petani pun saat ini sudah paham akan kualitas kopi yang diterima  pasar. Mereka melakukan sortasi sejak saat panen, yaitu hanya memetik buah kopi yang merah dan matang. Dengan perlakuan yang lebih baik, Konakito yakin bahwa kopi Bengkulu akan semakin mampu bersaing dan mendapat tempat dalam jajaran kopi berkualitas. @