Ini Cara Menyeduh Kopi yang Nikmat

591
Kini anak muda lebih memilih kopi daripada soft drink. Foto: healthline.com.Foto
Kini anak muda lebih memilih kopi daripada soft drink. Foto: healthline.com.

kopifirst.com, Indonesia kaya akan ragam kopi yang tersebar dari Aceh sampai Papua. Sebut saja kopi gayo, kopi sidikalang, kopi preanger, kopi jawa, kopi toraja, kopi kintamani, kopi bajawa, hingga kopi papua. Kopi Nusantara ini ada yang berjenis arabika, robusta, dan liberika.

Minum kopi sudah menjadi budaya turun temurun di berbagai daerah di Tanah Air. Jika Anda pergi ke Tangekon di Aceh misalnya, di setiap rumah yang Anda kunjungi pasti disuguhi minuman kopi. Kedai-kedai kopi sangat mudah dijumpai dan selalu penuh pengunjung.

Bagi kebanyakan orang di Indonesia, mata terasa belum melek jika di pagi hari belum ngopi. Cara penyajian kopi yang paling popular di Tanah Air yaitu bubuk kopi diseduh dengan air mendidih atau biasa disebut kopi tubruk. Ini ternyata cara penyajian kopi yang paling alami, sehingga para ahli kopi kelas dunia akan mencicipi kopi tubruk untuk menentukan kualitas suatu jenis kopi.

Membuat kopi tubruk tidaklah sulit. Kita bisa membuat sendiri kopi tubruk yang nikmat dengan cara sederhana. Tak harus pergi ke kafe dan merogoh kocek lebih dalam. Hal wajib yang harus dilakukan yakni sediakan kopi murni. Anda bisa memilih salah satu dari beragam kopi Nusantara, sesuai selera.

Ikuti langkah berikut untuk menghasilkan secangkir atau segelas kopi tubruk yang nikmat.

  • Untuk membuat segelas kopi, siapkan 2 sendok makan bubuk kopi. Pilih kopi murni. Perbandingan kopi dan air 1:15 (1 gr kopi untuk 15 mililiter air).
  • Seduh kopi dengan air bersuhu 93-96 derajat. Jika air mendidih diamkan sekitar 30 detik sebelum disiram ke kopi. Apabila air mendidih langsung disiram ke bubuk kopi, kopi akan terasa gosong.
  • Diamkan kopi yang sudah diseduh sekitar 4 menit dan jangan diaduk supaya terekstraksi sendiri dan tidak banyak aroma yang terbuang.
  • Kopi tubruk siap diseruput. @