Mau Umur Panjang, Ayo Minum Kopi

173
Selain meningkatkan harapan hidup, minum kopi juga mengurangi risiko meninggal akibat kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, atau penyakit pernapasan. Foto: Earth.com
Selain meningkatkan harapan hidup, minum kopi juga mengurangi risiko meninggal akibat kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, atau penyakit pernapasan. Foto: Earth.com

kopifirst.com – Mau umur panjang, minum sedikitnya dua cangkir kopi sehari dapat meningkatkan harapan hidup Anda, menurut hasil penelitian yang dirillis belum lama ini.

Seperti dilansir independent.co.uk, penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Epidemiology ini dilakukan dengan menganalisis penelitian sebelumnya tentang manfaat minum kopi.

Dengan melihat 40 penelitian, termasuk 3.852.651 subjek dan 450.256 kasus penyebab kematian, para peneliti menemukan bahwa minum kopi memiliki hubungan terbalik dengan semua penyebab kematian.

Menurut para peneliti, konsumsi kopi moderat, seperti dua hingga empat cangkir sehari, akan mengurangi semua risiko penyebab kematian, dibandingkan dengan tanpa konsumsi kopi.

Selain meningkatkan harapan hidup, minum kopi juga mengurangi risiko  meninggal akibat kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, atau penyakit pernapasan.

Studi ini dilakukan untuk menguji hubungan antara kopi dan kematian di berbagai subpopulasi berdasarkan karakteristik subjek, seperti penuaan, obesitas, dan faktor gaya hidup lainnya yang memengaruhi kematian.

Ini bukan pertama kalinya manfaat kesehatan dari mengkonsumsi kopi telah dilaporkan,

Sebelumnya, minum kopi telah dikaitkan dengan kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan kanker prostat, meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan, dan mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan  Parkinson. (ojos)