Kopi Minuman Kaya Antioksidan

134
Buatlah minuman dari bubuk kopi murni tanpa tambahan gula dan susu./foto: Freepik.com
Buatlah minuman dari bubuk kopi murni tanpa tambahan gula dan susu./foto: Freepik.com

kopifirst.com – Di belahan dunia barat minuman seperti teh dan kopi merupakan sumber antioksidan dalam keseharian. Sekitar 79 persen asupan antioksidan didapat masyarakat dari minuman. Sementara hanya 21 persen antioksidan didapat dari makanan.

Dari sisi kandungan antioksidan, kopi berada di posisi ke-11, di bawah beberapa jenis buah beri.

Pada studi di Norwegia dan Finlandia kopi terbukti sebagai sumber utama antioksidan. Kopi ternyata memasok sekitar 64 persen dari total asupan antioksidan masyarakat Eropa Utara itu dalam keseharian.

Mereka rata-rata mengasup 450-600 ml atau 2-4 cangkir kopi per hari.

Kendati kaya akan antioksidan, jenis antioksidan kopi ini berbeda dengan antioksidan dari buah dan sayuran. Oleh karena itu ada baiknya jika asupan antioksidan tak hanya dari kopi, tapi juga tambahkan antioksidan dari sayur dan buah. Kesehatan yang optimal itu bisa didapat dengan variasi vitamin, mineral, antioksidan dari beragam sumber pangan.

Satu hal yang tak kalah penting nikmati kopi tanpa tambahan gula, susu atau krim terlalu banyak. Lebih baik lagi seruput kopi hitam saja. Alih-alih bikin sehat, tambahan gula, susu dan krim hanya menambah pasokan kalori. Ujung-ujungnya berat badan naik gara-gara kecanduan minum kopi susu manis. (lin)