Ada Antioksidan Dalam Buah Kopi Hijau Atau Belum Matang

1386
Buah kopi hijau menyimpan banyak kegunaan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Foto : Bento Mania
Buah kopi hijau menyimpan banyak kegunaan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Foto : Bento Mania

kopifirst.com, Selama ini buah kopi hijau adalah buah kopi yang belum matang atau tidak lolos sortir ketika dipanen cenderung dibuang dan tidak dimanfaatkan karena dianggap sebagai limbah.

Namun faktanya buah kopi hijau ini menyimpan banyak kegunaan yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dewasa ini pengembangan terhadap antioksidan alami semakin diminati dan salah satu fungsinya adalah melindungi tubuh dari serangan radikal bebas serta mencegah berkembangnya penyakit kronik dan memperkuat imunitas tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian yang tertuang dalam disertasi Isnindar, mahasiswa S3 Farmasi Universitas Gadjah Mada, terungkap bahwa sistem imunitas sangat penting dalam melindungi tubuh dari penyakit- penyakit infeksi baik karena bakteri, virus maupun mikroorganisme lain.

Selain itu, sistem imun juga berperan dalam penyakit alergi, autoimun, maupun transplantasi organ.

Umumnya, sistem imun bekerja dengan dua cara, yaitu mengenali dan merespon.

Setelah mengenali senyawa atau mikroorganisme asing yang masuk ke dalam tubuh, sistem imun akan mengeliminasi sel dan molekul yang sesuai untuk merespon yang disebut respon efektor.

Respon efektor berfungsi untuk mengenali dan memusnahkan senyawa atau mikroorganisme asing.

Menurut Isnandar, dalam disertasinya yang berjudul Isolasi dan Identifikasi Senyawa Penangkap Radikal DPPH (2,2-Difenil-1-Pikrilhideazil) dan Imunomodulator In Vitro dari Buah Kopi Hijau (Coffea canephora Pierre ex A. Froehner), buah kopi hijau merupakan produk limbah dari hasil panen yang terbuang, yaitu buah yang masih hijau dan memberikan kemanfaatan sebagai agen penangkap radikal dan imunomodulator alami.

Imunomodulator merupakan senyawa yang dapat mempengaruhi sistem imun dengan cara meningkatkan atau menekan faktor-faktor yang berperan dalam sistem imun, membantu tubuh mengoptimalkan fungsi sistem imun yang berperan dalam pertahanan tubuh.

Senyawa-senyawa yang dapat memodulasi sistem imun dapat diperoleh dari tanaman.

Oleh karena itu, limbah kopi berupa kopi hijau masih bisa dimanfaatkan sebagai sumber antioksidan alami.

Hal itu menjadikan konsumsi kopi hijau cukup baik bagi kesehatan asalkan dengan proses atau pengolahan serta intensitas konsumsi yang tepat. (*)