Kopi Saring Lebih Minim Kolesterol

783
Kopi yang disaring kadar kafestolnya akan banyak berkurang. Foto: teaser.jpg
Kopi yang disaring kadar kafestolnya akan banyak berkurang. Foto: teaser.jpg

kopifirst.com, Tahukah Anda bahwa kopi mengandung zat yang disebut kafestol? Kafestol ini dapat merangsang kadar LDL (low-density lipoprotein) atau sering disebut kolesterol jahat. Jika kadar LDL di dalam tubuh tinggi dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan, seperti penyempitan pembuluh arteri, hipertensi, dan sebagainya.

Eit, jangan dibuang kopinya! Tak perlu khawatir. Selalu ada cara untuk mengurangi kadar kafestol kopi ini. Anda tinggal menyaring kopi saat menyeduhnya dengan menggunakan penyaring (filter). Dengan cara ini kafestol akan tertinggal di saringan, sehingga tidak ikut terminum.

Menyiapkan kopi dengan cara lain, seperti merebus kopi yang biasa dilakukan di Skandinavia, mengepres kopi seperti di Perancis, atau kopi Turki, masih mengandung banyak kafestol. Kopi espresso mengandung kadar kafestol lebih rendah daripada kopi Perancis, tetapi masih lebih tinggi dibandingkan kopi saring.

Bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol tinggi atau ingin mencegah naiknya kadar kolesterol, lebih baik gunakan kertas khusus penyaring kopi saat menyeduhnya. Jadi, Anda bisa tetap bisa merasakan nikmatnya kopi tanpa takut kesehatan terganggu. @